Real Story: Hati-hati Membeli Softlens yang Tidak Jelas Produsennya

Selamat datang kembali di blogku. Kali ini aku pengen share sebuah pengalaman yang gak enak urusan softlens. Iya, gak jauh-jauh, para wanita pasti banyak yang tergiur membeli softlens yang cantik dengan specs yang tinggi, termasuk aku.

Ini terjadi beberapa bulan yang lalu, pertama kali membeli softlens merk "Exsis" dari sebuah online shop softlens terpercaya. Awalnya, mataku cocok-cocok aja dengan softlens ini, dan kadar air yang 60% itu nyaman banget.

Nyaman dalam pemakaianku adalah dipakai minimal 10 jam dalam 1 hari tanpa tetes mata. Strong banget kan?

Tadinya aku bermaksud nulis review yang bagus buat produk ini, namun ketika aku membeli yang kedua kalinya, ternyata cacat sebelah. Yang kanan dipake sakit dan tajam, aku bersihkan dan tuker ke mata satunya tetep gak enak dipake.

Aku beli 2 pasang lagi, dan akhirnya aku pake hanya 1 saja dari yang baru beli karena yang sebelahnya juga cacat....hadeeehhhh......

Dan ternyata softlens ini hanya bertahan 1 bulan saja, kemudian keduanya begitu dipake 1 jam saja sudah bikin mata panas, pedih, sepertinya iritasi.

Aku bukan pemula dalam pake softlens, normalnya softlens yang sudah expired masa pakainya hanya menyebabkan rasa "mengganjal", bukannya perih dan sakit di mata.

Ini penampakan bendanya:





Ini penampakan packagingnya



Hanya ditulis materials korea, ga ada nama produsennya



Ada petunjuk bahasa indonesia di bagian dalam box

Ini softlens-nya

Diameter real 14.75 mm


Oke, 1 pasang terakhir yang aku punya, akhirnya kubuka dan kupake.




sorry spam foto hehe..


Sebenernya pas pake itu nahan sakit, karena yang sebelah kanan seperti kemasukan bulu mata, padahal udah dicuci berkali-kali masih sama aja, tapi demi cantik berbi.....

Nah, karena ini udah kejadian di aku, aku mau share ciri-ciri softlens yang tidak jelas ini, supaya mungkin di antara teman-teman baik blogger maupun pembaca tidak terjebak dengan iming-iming harga murah dan specs tinggi seperti aku.

Padahal aku suka softlens ini bagus dan bikin mataku instan jadi cantik, ada efek membesarkan yang oke banget.

Ciri-ciri softlens exsis ini
1. Tidak ada nama produsen pembuatnya
2. Tidak ada BPOM / ijin depkes. Buat aku sebenarnya masalah ijin ini bukan terlalu isu yang tendensius, karena banyak produk yang impor dari luar negeri langsung memang tidak ada nomer POM atau depkes. Tapi? cek poin ke 3
3. Aku cari di google, tidak ada juga produsennya
4. Aku tanya ke seller: jawabannya softlens ini impor, hanya ada distributor ga tau nama pembuatnya siapa. OK! Jelas, intinya barang yang dijualnya sendiri juga ga jelas. What the....

Oiya, buat yang nanya harganya?

Aku beli Rp 55.000 -60.000 sepasang, tergantung sellernya. 

Aku bukannya menjelekkan brand ini, tapi produsennya siapa pun aku juga ga tau, jadi sebisa mungkin jangan membeli barang yang tidak jelas. Daripada kesehatan mata yang jadi taruhannya.

Disini aku bukan melarang atau menyarankan untuk membeli ini dan itu, tapi ini murni share aku, supaya kita lebih hati-hati aja ke depannya :D

Sekarang aku stop sementara penggunaan softlens dan mau mencari produk lain yang benar-benar jelas.

Sumber: Pengalaman Sendiri


25 comments

  1. Aih aku juga pernah punya merk FreshLook, pinggirannya ada geriginya gitu dan itu nggak enak banget pakenya. Padahal hasilnya bagus banget aku suka dan harganya mahal. Tapi cuma sekali itu sih aku pake FreshLook yg itu, belum pernah beli lagi karena di luar bujet :p

    Sejauh ini aku pake New Look, beli di Melawai dan nggak pernah ada keluhan apapun :)

    Makasi udah share! ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, padahal ini sellernya udah terpercaya. begitu aku mau komplen nanya produsennya , ehhh dianya ga tau

      Delete
    2. Kl x2 biasanya enak² aja sih yg bergerigi msak gak enak,?

      Delete
  2. Cantik itu repot ya --"
    Lain kali hati-hati, pakai yang sudah pasti-pasti saja...^^

    *ini komen orang yang sudah lama nggak pake softlens --"

    ReplyDelete
  3. Aku setuju bgt. Hati-hati beli produk tanpa kejelasan produsennya..
    Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan aku sih beli softlens yang pasti-pasti aja contohnya X2 dengan harga sekitar 200an gitulah yaa tapi terjamin kualitasnya walaupun terkadang masih sering bikin mata pedih hikss hiksss ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pernah pake x2 juga gak cocok...takut mau beli x2 lagi

      Delete
  4. Duh aku bacanya, mata aku sampai keluar air mata karena kebayang sakit dan perihnya T-T

    www.indiranyan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalo kena softlens yg ga bagus itu bikin sakit di mata :(

      Delete
  5. Aku pernah beli softlens ituuuu. Malah beli di optik setempat yg terkenal di daerahku. Untungnya belum dipke , masih disimpen --"

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo seandainya ga bikin sakit walaupun merknya ga jelas aku tetep akan terusin pake juga say...hehe

      Delete
  6. Aku disuruh berenti dulu pake softlens sama dokter karena aku suka kelewatan barbar kalau pake softlens. Kadang kalau capek, aku ketiduran masih dengan tu softlens nempel. :'( Itu aja udah kering banget pas paginya. Gak kebayang kalau pakai softlens yg sis pake ini. :( Hati2 pilih2 ya sis. Langsung kontak sama mata soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang mengerikan kalo urusan sama mata. Sekarang aku udah ganti pake yang harian :D

      Delete
  7. Bener banget.. Mesti extra hati² kalau beli soflens..

    ReplyDelete
  8. aduh serem banget... mesti cek dgn jelas dulu ya sebelom beli.. tq udh sharing say...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar, ini softlens bener2 gak jelas dan waktu aku nanya ke penjualnya dia juga ga tau apa2

      Delete
  9. iya emang musti hati-hati dalam membeli softlens. share bagus untuk semua terlebih lagi untuk pemula yang belum berpengalaman dalam masalah softlens

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sebaiknya beli yang sudah ada ijin depkes lebih jelas

      Delete
  10. Haii, jangan ambil resiko dengan kesehatan mata kamu, dan jangan salah pilih menggunakan softlens, pilih dan gunakan softlens yang memiliki ijin dari Kementerian Kesehatan sehingga aman untuk digunakan.

    http://exoticon.co

    ReplyDelete
  11. Bener bgt harus extra hati2 klo cari2 softlens, thanks kak udh share.

    ReplyDelete
  12. Wah..makasaih banget ini loh mba infonya semoga bisa jadi pelajaran aja biar tambah teliti dalam beli apapun termasuk softlen

    ReplyDelete
  13. sekarang jangan sembarang pilihan softlen mba,, takut kejadian lagi

    ReplyDelete